BAB I PENDAHULUAN
A.
Diskripsi.
Pengolahan
Citra Digital
adalah salah satu mata pelajaran wajib dasar program keahlian Teknik Komputer
dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran Pengolahan
Citra Digital
disampaikan di kelas XI
semester 1,
4 jam
pelajaran per minggu. Untuk semester 1 topik materi pembelajaran menekankan
pada tipografi dan citra bitmap.
Dalam desain
komunikasi visual, huruf memainkan peranan sangat penting dalam keberhasilan
suatu bentuk seni komunikasi grafis. Huruf bukan lagi sebagai pelengkap
statement visual, tetapi sudah menjadi sajian utama komunikasi grafis yang
berbentuk buku, katalog atau brosur. Sehingga sangat penting untuk mempelajari
tipografi beserta prinsip-prinsip perancangan desain grafis yang mengandung
unsure estetika . Citra bitmap mendukung teori tipografi untuk mengembangkan karya
grafis sesuai dengan kaidah-kaidah pembuatan karya grafis.
Pembelajaran Pengolahan
Citra Digital
ini menggunakan metode pendekatan
scientifik. Dalam pendekatan ini praktikum atau eksperimen berbasis
sains merupakan bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan khusus,
dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan bekal ketrampilan yang kuat
dengan disertai landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan kita
amati. Ketika suatu permasalahan yang hendak diamati memunculkan pertanyaan-pertanyaan
yang tidak bisa terjawab, maka metode eksperimen ilmiah hendaknya dapat
memberikan jawaban melalui proses yang logis. Proses-proses dalam pendekatan
scientifik meliputi beberapa tahapan (gambar 3) yaitu: mengamati, hipotesis atau menanya, mengasosiasikan
atau eksperimen, mengumpulkan atau analisa data dan mengkomunikasikan. Proses
belajar pendekatan eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah
untuk membuktikan hipotesis dengan logika berfikir.
B.
Prasyarat.
Untuk kelancaran pencapaian kompetensi dalam
mata pelajaran desain multimedia ini dibutuhkan beberapa peryaratan baik
pengetahuan maupun ketrampilan dasar. Persyaratan tersebut antara lain ialah:
peserta didik mempunyai kompetensi dalam hal pemanfaatan teknologi informasi,
seperti mengoperasikan hardware komputer dan mengoperasikan perangkat lunak
aplikasi. Perangkat lunak aplikasi tersebut antar lain ialah pengolah data
untuk menganalisis data hasil eksperimen, pengolah kata untuk membuat laporan
dan aplikasi presentasi untuk mengkomunikasikan dan mempresentasikan hasil
laporan.
A.
Petunjuk Penggunaan.
Buku pedoman
siswa ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang mempunyai ciri khas
penggunaan metode scientific. Buku ini terdiri dari dua bab yaitu bab satu
pendahuluan dan bab dua pembelajaran. Dalam bab pendahuluan beberapa yang harus
dipelajari peserta didik adalah diskripsi mata pelajaran yang berisi informasi
umum, rasionalisasi dan penggunaan metode scientifik. Selanjutnya pengetahuan
tentang persyaratan, tujuan yang diharapkan, kompetensi inti dan dasar yang
akan dicapai serta test kemampuan awal.
Bab dua
menuntun peserta didik untuk memahami deskripsi umum tentang topik yang akan
dipelajari dan rincian kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi dan tujuan
yang akan dicapai. Setiap kegiatan belajar terdiri dari tujuan dan uraian materi topik pembelajaran, tugas serta
test formatif. Uraian pembelajaran berisi tentang diskripsi pemahaman topik
materi untuk memenuhi kompetensi pengetahuan. Uraian pembelajaran juga
menjelaskan deskripsi unjuk kerja atau langkah-langkah logis untuk memenuhi
kompetensi skill.
Tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dapat
berupa tugas praktek, eksperimen atau pendalaman materi pembelajaran. Setiap
tugas yang dilakukan melalui beberapa tahapan scientifik yaitu :
1)
melakukan
pengamatan setiap tahapan unjuk kerja
2)
melakukan
praktek sesuai dengan unjuk kerja
3)
mengumpulkan
data yang dihasilkan setiap tahapan
4)
menganalisa
hasil data menggunakan analisa diskriptif
5)
mengasosiasikan
beberapa pengetahuan dalam uraian materi pembelajaran untuk membentuk suatu
kesimpulan
6)
mengkomunikasikan
hasil dengan membuat laporan portofolio. Laporan tersebut merupakan tagihan
yang akan dijadikan sebagai salah satu referensi penilaaian.
B.
Tujuan Akhir.
Setelah mempelajari uraian materi
dalam bab pembelajaran dan kegiatan belajar diharapkan peserta didik dapat memiliki kompetensi sikap,
pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan materi:
ü Anatomi
font huruf pada tipografi
ü Klasifikasi
huruf font pada tipografi
ü Membuat
desain teks
ü Pemberian
efek pada teks menggunakan aplikasi pengolah teks
ü Citra
bitmap
C.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
1. Kompetensi
Inti 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Dasar :
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di
alam
1.3. Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kompetensi
Inti 2: Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi Dasar:
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3. Kompetensi
Inti 3: Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual dan
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam
bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar:
3.1. Memahami anatomi
font huruf pada tipografi
3.2. Memahami
klasifikasi huruf font pada tipografi
3.3. Memahami cara
membuat desain teks
3.4. Memahami cara
member efek pada teks menggunakan aplikasi pengolah teks
3.5. Memahami
citra bitmap
4. Kompetensi
Inti 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar:
4.1. Menyajikan data hasil
pengamatan terhadap anatomi font huruf berbagai media dalam kehidupan
sehari-hari
4.2. Menyajikan data hasil
pengamatan terhadap jenis-jenis font huruf berbagai media dalam kehidupan
sehari-hari
4.3. Membuat desain
teks untuk keperluan tertentu
4.4. Melakukan
pengolahan teks (efek khusus)
4.5. Menyajikan
data hasil pengamatan terhadap citra bitmap
D.
Cek kemampuan awal.
1. Jelaskan pengertian
tipografi.!
2. Apa yang dimaksud dengan leading, kerning, tracking ?
3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan Capline dan Meanline !
4.
Sebutkan
komponen utama area kerja Photoshop !
5.
Sebutkan
unsur-unsur estetika dalam desain grafis !
0 komentar:
Posting Komentar